| | Petugas

Card Image

Menjaga daya tahan tubuh merupaan sebuah hal yang penting terutama di masa pandemi COVID-19. Salah satu cara yang disarankan adalah dengan konsumsi suplemen. Namun adakah dampak yang bisa muncul ketika mengonsumsi suplemen vitamin ini?

Ketua International Society of Pharmacovigilance (ISoP) Indonesia dr. Jarir At Thobari mengatakan suplemen bisa memiliki efek samping karena di dalamnya tetap ada zat kimia yang ditambahkan dalam proses pembuatan.

"Tidak cuma vitamin yang dimasukkan, ada unsur formulasi seperti ditambahkan bahan lain agar obat tidak kedaluwarsa dalam beberapa waktu," terangnya beberapa waktu dilansir dari Antara.

Efek samping seperti sembelit, diare, nyeri lambung hingga reaksi alergi kerap dilaporkan orang yang mengonsumsi multivitamin. Namun, pencetus reaksi alergi itu bukan disebabkan oleh vitamin, namun bahan aktif lain yang ada di dalam vitamin tersebut.